Konstruksi dan Material Gitar Elektrik

Gitar merupakan instrumen musik yang paling banyak digemari dan dimainkan oleh sebagian besar masyarakat dunia, hampir semua usia mengenal gitar, tidak ter"patok" pria, wanita, tua, muda, kaya, miskin, gaul atau kuper semuanya mengenal tentang gitar.
Baik langsung saja kita kupas tuntas mengenai instrumen musik yang populer ini. Gitar elektrik terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:

* Body Gitar
* Neck (leher atau stang)
* Headstok(kepala gitar)
* Diagram elektronik (pick-up)


BODY GITAR
Body gitar atau badan gitar merupakan bagian yang paling lebar dan paling luas pada gitar (secara umum), di body gitar inilah "tertanam" komponen-komponen elektronik yang mengakibatkan gitar dapat bersuara "lantang". Body gitar ini biasanya terbuat dari kayu dengan kriteria tertentu sesuai dengan kebutuhan sound dan style si "pendekar gitar". Contoh kayu yang biasa dipakai dalam pembuatan body gitar:

* Mahogany

Kayu jenis ini memiliki bobot yang lumayan berat namun ideal digunakan sebagai bahan dasar pembuatan body gitar karena dari kayu jenis ini sustain suara gitar lebih baik, attack yang mantap dan suara gitar lebih tajam.

* Basswood

Kayu jenis ini bisa menghasilkan suara gitar yang warm, memiliki bobot yang lebih ringan dari kayu mahogany namun kekurangan dari kayu jenis ini adalah kepadatan kayu bisa dibilang kurang sehingga perlu ekstra hati-hati dalam pembuatan dan juga penggunaan gitar dari kayu jenis ini.

* Ash

Kayu Ash memiliki kesamaan dalam bobot dengan kayu basswood. sound yang dihasilkan cukup bright namun lebih menonjol pada frekuensi low, kayu jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan body pada bass elektrik namun tidak sedikit juga dipakai untuk pembuatan body gitar elektrik

* Poplar

Dari segi sound, kayu jenis ini memiliki karakter yang sama dengan kayu basswood. Keistimewaan dari kayu jenis ini adalah corak kayu yang lebih terang sehingga memiliki sisi esensial tersendiri.

* Maple

Kayu jenis ini memiliki countour yang lembut dan indah. Sound yang dihasilkan cukup bright dengan attack yang bervariasi. kayu jenis ini banyak digunakan karena coraknya yang indah, sehingga kadang gitar dari kayu jenis ini hanya difinishing natural tanpa cat.


Dan masih banyak juga jenis kayu lain namun yang diuraikan diatas termasuk yang paling "ramai" digunakan untuk pembuatan body gitar. Terkadang beberapa luthier(pengrajin gitar) memadukan jenis kayu tersebut untuk menghasilkan gitar yang "nyentrik" secara visual tapi "maknyusss" dari segi sound dan ketahanannya.
Beberapa pabrikan gitar juga membuat body yang beraneka yang tentunya berdaya jual tinggi selain memikirkan faktor aero-dinamis serta soundnya. beberapa merek memberikan nama tertentu berdasarkan bentuk bodinya seperti Les paul dan SG milik Gibson, RG dan PGM(semihollow body) milik Ibanez, telecaster dan stratocaster milik Fender dan lain sebagainya.

NECK
Yang satu ini biasanya kita sapa"stang" atau leher gitar tempat biasanya tangan kiri kita "bekerja". Stang ini juga dibuat menggunakan jenis kayu tertentu yang memiliki karakteristik tertentu pula, namun yang paling sering digunakan adalah kayu jenis maple, karena cenderung kuat dan bobot yang ringan, pada neck ini didalamnya tertanam besi baja yang dinamakan trushroad. Besi baja inilah yang mengatur tingkat kelengkungan dari neck gitar. Pada bagian permukaan neck ini biasanya dilapisi lagi dengan kayu lain, biasanya rosewood atau maple untuk ditanami besi freet, nah fret inilah yang memisahkan jarak antar nada, dan perlu ketelitian tinggi untuk mengatur jarak antar fret tersebut agar nada yang diciptakan harmonis. Pada umumnya ukuran dan bentuk neck tiap gitar sama, hanya pewarnaan dan finishingnya mungkan yang agak berbeda. Dan yang membedakan tiap neck pada gitar adalah tingkat kelengkuangan necknya, apakah flat, cembung atau malah cekung, namun yang lumrah digunakan adalah yang flat. Pada stratocaster milik Yngwie, fretboard dibuat cekung dengan tujuan jarak senar ke fretboard lebih dekat sangat membantu teknik picking Yngwie yang extra cepat.



HEADSTOCK
Nah headstock atau kepala gitar ini biasanya dipakai oleh para produsen gitar untuk memberikan ciri pada gitar produksinya. tetapi disamping itu juga headstok ini katanya (beberapa gitaris handal sekelas paul gilbert) mengatakan bahwa konstruksi, kemiringan dan peletakan dryer memberikan pengaruh terhadap panjang sustainnya, oleh karena itu terkadang banyak gitaris yang headstok gitarnya dibuat terbalik dengan asumsi semakin panjang senar maka semakin bagus sustainnya, namun sebagian besar headstok dibuat untuk memberikan ciri saja kepada konsumen bahwa gitar ini produksi pabrik A.

DIAGRAM ELEKTRONIK PADA GITAR
Gak salah, namanya juga gitar elektrik otomatis didalamnya memuat rangkaian yang berbau elektrik, dalam hal ini adalah rangkaian antara pick-up (spuel) dengan potensio beserta komponen elektronika lainnya (capasitor, pick-up selector, input jack). Bagi yang beli gitar langsung pakai, mungkin gak perlu repot-repot ngurusin masalah beginian. Tapi apa salahnya mempelajari juga supaya bila suatu saat ada gangguan pada gitar langsung bisa ditangani tanpa perlu menunggu bantuan dari pengrajin gitar atau tukang servis, selain mengeluarkan budget untuk ongkos, terkadang juga harus antri gara-gara tukang service nya lagi banyak garapan. Secara umum diagram elektronik gitar cukup simple,




kita hanya harus mengerti sedikit tentang elektronika dan sanggup membedakan mana yang positif dan mana yang negatif, setelah itu anda pasti bisa memperbaiki dan memodifikasi gitar anda sendiri tentunya dengan lebih menghemat pengeluaran, namun ada juga syarat mutlak agar hasil yang didapatkan sempurna, yaitu dengan ulet, telaten, penuh kehati-hatian dan sabar. Dibawah ini hanya sebagai contoh wiring untuk gitar, nah untuk jenis pick-upnya tinggal disesuaikan dengan pick-up yang ada pada gitar anda dan untuk variasinya tergantung bagaimana kreativitas anda.

View blog reactions + View blog reactions

1 comments:

agung said...

vr2 tu pa mas ??

Post a Comment

Love is...
© I Love Guitars 24Hours - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace