Dasar memilih Gitar Akustik Elektrik/ Acoustic Electric Guitar


PENGETAHUAN DASAR MEMILIH GITAR AKUSTIK

Bagi pemula memilih gitar adalah hal yang belum pasti karena mau main apa sih keinginanya. Karena masa-masa awal bermusik biasanya kuping menyenangi semua denting gitar. Semua terdengar menarik dan ingin memainkannya. Namun pada dasarnya ada 2 kriteria yang patut dipahami sebelum salah pilih. Dan tentu bagi pemula gitar akustik dululah.



Gitar Nylon String

Gitar Nylon String
Gitar dengan senar nylon adalah termasuk kategori gitar klasik. Ciri-ciri gitar klasik adalah mempunyai neck atau fretboard yang lebar. Gitar ini biasanya dipakai memang untuk memainkan lagu-lagu klasik atau flamingo ya mexico-an atau spanyol-anlah. Kalau pernah dengar lagu Romance de amor ini lagu klasik.

Kalau ingin memainkan lagu klasik pilihlah gitar dengan senar nylon. Banyak musisi besar datang dari memainkan klasik pada awalnya. Sehingga muncul genre yang kita kenal dengan klasik rock. Sebut saja nama Yngwi atau Blues Saraceno yang memainkan lagu klasik ‘Bouree’ dengan sangat manis dengan gitar elektrik. Musisi musik klasik yang sangat tenar dan mengguncang dunia klasik pada jamannya sampai sekarang adalah: John William, Al Di Meola, John Mc Laughlin (sekarang banyak di Jazz Blues).

Merek gitar klasik yang paling gampang dicari dan umum di Indonesia adalah Yamaha dari type CG. Di Bandung dulu pernah beredar merek Genta keren juga. Merek lain di kota-kota besar beredar juga Fender sampai Gibson.

Gitar Steel String


Gitar Steel String
Bagi pemula yang berencana belajar melodi, musik rock, blues atau tidak belajar klasik sebaiknya memilih gitar dengan snar steel ini. Ciri-ciri gitar ini mempunyai neck atau fretboard yang ramping.

Karena gitar ini bertali kawat baja maka kecenderungan stang akan menjadi bengkok. Ini masalah utama pada gitar steel string apalagi kalau ia murahan! Maka sebenarnya waktu milih gitar steel string kita harus mengerti stelan standar gitar. Ajaklah teman yang mengerti nyetem standar ini. Ada alat yang namanya ‘Tuner’ yaitu standar nada pada umumnya yang dipakai nyetem gitar biar nadanya standar. Kalau gitar tidak bisa distel standar, pemula yang kebanyakan belajar nyari lagu dari cd atau kaset nantinya susah mengikuti nada-nada tersebut. Kang Iwan Fals kalau manggung memakai gitar acoustic electric. Acoustic electric bagus kalau rencana mau record acoustic gitar dengan cara DI (direct input).

Saat memilih gitar juga perhatikan fret jangan sampai ada satu nada yang mati karena fret ketinggian di salah satu tempat. Bisa diperbaiki sih tapi kan repot. Cobalah ambil chord dekat dengan bodi. Saya biasanya juga melakukan cek nada satu persatu di atas fret. Lihat stang apa juga lurus dengan cara melihat dari ujung bodi ke headstok atau sebaliknya. Ya kayak membidik dengan senapanlah. Nggak usah malu karena pemula dari pada salah.


Acoustic Electric


Acoustic Electric
Kalau emang milih gitar dengan electriknya sekalian, jangan lupa nyolokin ke amp cabinet yang biasanya juga ada di toko gitar.Tentu kalau ada amp yang acoustic. Ini penting sekali karena terkadang salah satu snar mempunyai sound out yang tipis. Atau frekuensinya tidak seimbang. Yang benar itu suara harus rata. Atau nanti waktu melodi satu snar nggak kedengaran. Terkadang Pedagangnya bilang kalau tahu anda pemula: ‘Biasa seperti itu kalau gitar akustik elektrik’. Itu sama sekali tidak benar!

Oke, Goodluck ya ..!
I Love Guitars 24Hours ; Sale Original Guitars & Delivery Order

View blog reactions + View blog reactions

21 comments:

Anonymous said...

aku cewe 19 tahun... sebenernya gak bakat di bidang musik, cuman ingin aja belajar maen gitar... masih bingung mau gitar yang kaya gimana... di bilang pemula... AKU PEMULA BANGET.. baca not aja aku gak bisa...
yah mudah mudahan dengan adanya web ini bisa jadi petunjuk buat aku mau beli gitar yg kaya gimana

nesanzi said...

thnxs.,

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
DODOX said...

mas q pengen beli guitar yang acoustic electric buat pemula itu harga nya berkisaran berapa??
trus merk dan tipe pa yg qm rekomendasikan buat pemula...thank.....mhon d jwb...

Anonymous said...

klo buat pemula, biasakan pake gitar yang berkualitas sekalian. sehinggal pada nantinya terbisa dengan kualitas yang bagus.. klo untuk pemula dan mau blajar gitar bisa pilih yamaha yang classic guitar. dari segi kualitas cukup ok untuk pemula yang baru mulai ingin blajar. karena classic senar nya itu nylon yang agak tebal maka butuh kekuatan buat nekan senar nya, walau pun begitu tidak terlalu menyakitkan untuk jari. sehingga pada nantinya klo megang gitar akustik dengan senar string ato kawat tidak akan terlalu kesulitan dalam beradaptasi.

Anonymous said...

Vote for yamaha APX500 :)

gitarmedia said...

pesan gitar online, di jamin seeeppp..

Tonk Shiong said...

Nice Blog .

http://kindsofmusic.com/

Anonymous said...

mas saya pengen belajar maen "petik",jdi lebih prefer ke nylon atau steel???
mohon pencerahannya

Anonymous said...

Lha gitar akustik elektrik itu enak'x pake' senar akustik apa elektrik mas ??
Truz lok pas d'colokin k'amply / salon misal nada suara'x g' rata, cara ngatasin'x gmna mas, spaya rata & enak d'dnger pas lg melodian ??

gitarmedia said...

tempat pesen gitar custom..wujudkan gitar impian temen-temen di www.gitarmedia.com
thanks sob, manteps artikel nya.

melianus said...

kalo utk gypsy jazz cocoknya gitar apa?, merk nya apa?, dan harganya brp bang?

afaldi said...

pake lakewood, harga lumayan mhl,,
tpi suara lumayan juga,,
haha

Anonymous said...

gibson ada yg akustik elektriknya ga ? kalo ada harganya kisaran berapa ?
maklum newbie :D

Anonymous said...

Kalo akustik elektrik yang ngga ad lubang tengahnya apakah bisa d mainkan tanpa cok?

Muhammad Alif Ikhsan Muttaqiin said...

kalau untuk gitar C 310 itu bagusnya pake senar apa?? kalau pake senar d addario bagus gak?? atau pke senar nylon?? thanks mohon jawabannya..

Anonymous said...

klo main gitar tuh baik nya dari kunci apa

deny hardiyanto said...

Mas mau tanya ,, kriteria guitar electic yang asli gmn ?
Untuk merk jackson ,
Terima kasih

. said...

gitar yang bagus itu, nerbunyi nyaring apalagi pakai pre amp, tidak sumbang sampaike fret terakhir, lembut ditekan saat dimainkan,tidak mudah bengkok stangnya, bagian dalamnya bersih dan memakai perekat yang kuat. Gitar seperti ini adalah GITAR KAEBU. Cari saja dipasaran.

Anonymous said...

Mas saya nyaman main guitar classic yang neck nya lebar ,,
tapi kepengen belajar buat musik rock / melody nya sekalian ,,
kira" gitar yang bagus yang mana ya buat saya ,
kulit jari saya tipis jadi saya suka yang senar nya harlus / garing tapi ga kasar dan keras ..
minta saran nya buat beli guitar yang bagus ..

AGL - Team said...

Salam kenal...izinkan saya berbagi link untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dan mengunduh materi belajar gitar untuk pemula, blues, jazz dalam bhs Indonesia silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
trimakasih

Post a Comment

Love is...
© I Love Guitars 24Hours - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace